Tradisi Pulau Bawean Selamatan Tiap Malam Jum’at bagi yang Meninggal - Masezzul.com

Tradisi Pulau Bawean Selamatan Tiap Malam Jum’at bagi yang Meninggal


Hasil gambar untuk selamatan pulau bawean

Bule Bhebien- Bawean terkenal dengan tradisinya yang unik yang keislamanan selalu melekat erat dengan kultur budaya, sehingga dalam kegiatan-kegiatan Islamnya selalu memiliki nilai adat dan budaya salah satunya ketika ada seseorang yang meninggal maka biasanya keluarga si mayit biasanya mengadakan acara selamatan untuk si mayit. Kegiatan itu biasanya dilaksanakan tiap malam Jum’at sampai 40 hari dan dalam dalam hari ke-40 biasanya juda di rayakan selamatan

Selamatannya berisi pembacaan yasin dan tahlilan yang dikhususkan untuk si mayit. Acara tersebut didatangi oleh banyak masyarakat karena mereka dengan antusias mendatangi keluarga si mayit. Tradisi ini sudah terbangun lama sejak dahulu sehingga masyarakat di Bawean dalam kesosialan terhadap tetangga tidap perlu ditanyakan lagi.

Beda desa beda tradisi. Di Bawean, terdapat beberapa desa yang mana tiap desa memiliki ciri khas yg bervariasi dan kadang ada pula yang sama antar desa. Itulah Bawean.

Penulis sendiri tidak terlalu tahu tentang tradisi di Bawean. Tulisan ini hanya sekedar merekatkan momentum siapa tahu suatu saat tradisi kayak gini bisa lenyap sehingga perlu bagi penulis untuk menyimpan dalam tulisan ini.

Sebenarnya ada tradisi lainnya yang bisa penulis beberkan tapi insyaAllah akan disampaikan oleh penulis kedepannya.

Salam untuk para toghellen pembaca yang budi,am

0 Response to "Tradisi Pulau Bawean Selamatan Tiap Malam Jum’at bagi yang Meninggal "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel