Belajar Banyak dari Orang Lain, Kunci Keberhasilan

Belajar Banyak dari Orang Lain, Kunci Keberhasilan



BULE BHEBIEN-Setiap orang yang saya jumpai adalah lebih baik dari saya dalam hal tertentu, dengan cara itu saya belajar tentang dirinya.😄 Itu kata bijak yang diberikan salah satu teman saya, Saiful Jihad. Mari kita perhatikan arti atau maksud yang diinginkannya tanpa harus bertanya kepadanya. Segala hal adala h ilmu, apalagi hal itu adalah yang menyangkut soal manusia. Kita diciptakan berupa manusia? Entah kalau ada yang baca tulisanku bukan manusia. Yang pastinya adalah manusia.Kadang orang lain hanya menilai hasil yang kita dapat tanpa mereka tahu proses bagaimana kita mendapatkan hasil tersebut.

Manusia diciptakan dan dilahirkan sebagai manusia untuk belajar. Belajarlah apapun itu asalkan bermanfaat untuk diri sendiri dan tidak merugikan orang lain. Kita ini disuruh belajar menjadi manusia yang bersifat manusia. Karena banyak manusia yang tidak berperikemanusiaan. Oleh karenanya, untuk menjaga perasaan orang lain harus mampu memposisikan diri sendiri berada dalam diri orang lain yang kita ajak berinteraksi. Ilmu ini tidak diajarkan secara langsung di bangku sekolah bahkan di dunia perkuliahan namun kita mendapatkannya dengan sering melakukan interaksi dengan orang lain.

Orang lain memiliki perasaan yang sama denganmu. Mereka bisa bahagia layaknya kamu bahagia, mereka bisa juga terluka layaknya di rumah. Dan ketika kita merasa memiliki ilmu maka sebenarnya mereka memiliki ilmu yang jauh lebih dari kita. Mengapa saya katakan demikian karena Allah tidak menurunkan satu jenis ilmu melainkan beberapa, berjuta-juta ilmu yang tak mungkin hanya ditransferkan untuk satu orang saja.

Dari hal yang disampaikan di atas, coba kalau kita berfikir betapa banyaknya ilmu yang belum kita dapat karena diberikan orang lain. Kita bisa mendapatkan sedikit demi sedikit dengan saling sharing keilmuan. Kita memberikan apa yang kita ketahui dengan demikian kita akan lebih banyak dari pada sebelumnya. Ilmu ketika dibagi tidak akan berkurang bahkan akan bertambah. Hal tersebut terjadi jika kita memberi apalagi kita sampai diberi. Mari kita fikirkan bersama.
Salam niteluzz
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang Blogger Pemula, berburu informasi dan berbagi wawasan yang bermanfaat adalah jalan ninjaku