5 Tips Mengatur Waktu Agar Produktif Bekerja

5 Tips Mengatur Waktu Agar Produktif Bekerja

Bagaimana Cara Mengatur Waktu Agar Produktif Bekerja? Berikut 5 Tips Mengatur Waktu Agar Produktif Bekerja. Cara ini sangat bermanfaat bagi anda yang kebingungan untuk membuat waktu anda produktif

5 Tips Mengatur waktu Agar Produktif Bekerja

5-Tips-Mengatur-Waktu-Agar-Produktif-Bekerja

Di dunia ini tidak ada seorangpun yang diberi waktu lebih dari 24 jam sehari. Semua orang yang ada di dunia diberi jatah waktu 24 jam semuanya dalam sehari semalam. Lalu kenapa ada orang puas dan ada orang masih kekurangan waktu atau bisa dikatakan ada yang memiliki waktu produktif dan ada yang sebaliknya.

Mereka yang bisa memanfaatkan waktu, mampu membuat waktu produktif adalah orang yang pintar dalam mengelolah dan mengatur waktu yang hanya 24 jam.

Tahu bagaimana memprioritaskan suatu pekerjaan di atas pekerjaan yang lain, dan tahu mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu atau pekerjaan yang harus diletakkan setelahnya. Itu orang yang mampu mengatur waktu agar produktif bekerja.

Bagi anda yang ingin berubah menjadi orang yang lebih baik, namun masih sangat kesulitan untuk mengatur agar produktif, gak perlu khawatir. Karena dalam tulisan kali ini, kami menyajikan 5 Tips Mengatur Waktu Agar Produktif Bekerja. Anda baca sampai tuntas, pahami and do it.

1. Buatlah List Pekerjaan

Mengerjakan sesuatu tanpa direncanakan ataupun dijadwal bisa membaut kinerja kerja anda tidak maksimal. Anda akan terlalu membuang-membuang waktu karena anda tidak memiliki patokan list pekerjaan bagaiman anda bekerja, bagaimana anda harus mengatur waktu agar produktif.

Bahkan pekerjaan yang dikerjakan tanpa list akan membuat anda kebingungan apa  saj yang harus anda kerjakan untuk hari ini, besok dan selanjutnya. Al hasil waktu-waktu yang anda lalui tidak bernilai dan tidak produktif.

Oleh karenanya cara mengatur waktu yang idel adalah dengan membiasakan membuat daftar pekerjaan yang harus kita kerjakan hari ini, besok dan selanjutnya, buatlah daftar yang rapi dan baik. Waktu yang baik untuk membuat daftar bekerja anda, kerjakan di malam hari sebelum anda bekerja besoknya.

Bikin juga daftar aktifitas yang harus anda kerjakan dalam sebulan ini bahkan beberapa bulan ke depannya. Bahkan kalah bisa anda membuat rencana selama satu tahun, jikalau memang ada planning jangka panjang.

Manfaatkanlah aplikasi pengingat yang sudah ada di smartphone, alarm, note dan masih banyak lainnya aplikasi-aplikasi untuk mengingatkan anda terhadap daftar kerja anda. Hal ini sangat membantu anda untuk mengingatkan anda di saat anda lupa terhadap rencana pekerjaan anda.

Mengapa anda perlu melakukan hal demikian? 

Karena tidak ada yang bisa menjamin anda akan selalu ingat terhadap pekerjaan tersebut. Maka manfaatkanlah juga aplikasi untuk membantu anda mengatur waktu agar produktif.


2. Buatlah Skala Prioritas Anda

Setelah anda menyusun rapi daftar pekerjaan yang harus anda kerjakan, maka hal selanjutnya yang perlu anda kerjakan adalah memilih pekerjaan-pekerjaan yang harus dulu anda kerjakan.

Setiap pekerjaan memiliki prioritas keutamaan masing-masing. Ada yang penting namun ada yang lebih penting dan paling penting. Jadilah orang cerdas dengan pintar, dengan memilih pekerjaan yang harus diprioritaskan dan mana yang harus dikesampingkan terlebih dahulu.

Ketika anda sudah mengatur mana pekerjaan yang harus diutamakan dan mana yang harus dikesampingkan, maka langkah wajib selanjutnya adalah anda harus segera melaksanakan pekerjaan tersebut. Sayang sekali jika daftar yang sudah rapi tidak segera dilaksanakan.

Jika pekerjaan yang anda anggap utama tidak dikerjakan, bagaimana anda mau mengerjakan pekerjaan yang bukan pekerjaan utama.

Jika anda sudah menetapkan mana pekerjaan yang harus anda kerjakan lebih dahulu, maka tidak boleh ada pekerjaan lain yang bisa membuat pekerjaan anda tersebut menjadi tertunda. Aturlah waktumu, waktu adalah hal yang sangat berharga. Jadikan waktu tersebut menjadi hal yang produktif untuk anda.

3. Berilah Tenggat Waktu

Setiap pekerjaan yang harus anda kerjakan, harus memiliki batas/ tenggat waktu. Jangan pernah melakukan sesuatu dengan menunda-nuda waktu. Berilah batasan tenggat waktu. Jangan biasakan menggunakan ‘jam karet’.

Hal demikian bertujuan agar anda menyelesaikan pekerjaan anda denga rapi dan sesuai dengan jadwal yang pastinya tepat waktu. Denga adanya tenggat waktu juga melatih anda untuk bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang anda miliki.

Berilah tenggat waktu setiap pekerjaan, dan di antara pekerjaan satu ke yang lain berilah waktu jeda untuk memberikan anda kesempatan mengevaluasi pekerjaan anda, apakah pekerjaan anda sudah sesuai denga rencana dan target.

Dengan demikian, pekerjaan yang anda kerjakan bisa dipastikan memiliki kualitas yang bagus yang sesuai dengan standar di tempat anda bekerja.

Anda juga harus patuh dan menaati tenggat waktu yang anda buat. Anggaplah jikalau anda melanggar tenggat waktu tersebut anda akan mengurangi harga diri anda. Karena jika anda mengabaikannya hanya akan membuat pekerjaan tidak efektif dan pastinya anda gagal membuat waktu yang produktif.


4. Fokus Pada Pekerjaan

Agar anda mampu mengerjakan pekerjaan anda sesuai target dan tepat waktu, tidak ada cara yang lebih efektif selain memfokuskan diri anda untuk mengerjakan pekerjaan anda, jangan mengerjakan 2 pekerjaan sekaligus.

Tinggal segala pekerjaan atau benda yang memiliki potensi akan mengganggu kinerja anda. Demikianlah cara mengatur waktu agar anda bisa mengerjakan pekerjaan anda tuntas dengan hasil memuaskan.

Salah satu yang sangat mmiliki potensi bisa menggganggu anda di saat bekerja adalah hp, smartphone. Maka saran kami matikan dulu handphone anda atau anda pasang mode silent. Sehingga anda tidak mendengar sesuatu yang bisa menggangu anda di saat bekerja.

Ketika anda bekerja dengan memakai internet, jauhilah membuka situs-situs yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang anda kerjakan. Karena hal demikan hanya membuang-buang waktu

Jika diperlukan untuk mencari referensi maka pakailah internet itu hanya untuk mencari referensi. Jangan buka hal yang lain, apalagi situs facebook, jika anda tidak membutuhkan. Karena membuka situs-situ yang tidak kaitannya hanya menjauhkan anda dari waktu yang produktif.

5. Jangan Melakukan Multitasking

Menjadi seseorang yan mampu mengerjakan mutitasking memang terkesan hebat, namun tidak menjamin setiap pekerjaan yang dilakukannya berjalan maksimal. Lebih baik mengerjakan pekerjaan satu persatu namun dengan hasil yang maksimal.

Fokus itu penting untukmencapai pekerjaan yang maksimal dan sesuai target. Jangan sampai dengan adanya pekerjaan yang lainnya yang dikerjakan bersamaan mengganggu anda dalam bekerja.

Jika anda tetap memaksa melakukan mutitasking , maka anda sudah memaksa otak untuk bekerja lebih keras dari pada biasanya, dan hal demikian tidak baik, karena akan mengganggu kinerja kita. Aturlah waktu yang baik agar anda bisa produktif yang maksimal.

Kelelahan yang terjadi pada otak akan menyebabkan melemahnya juga tubug dan berpotensi menyebabkan stres. Dan juga akan menyebabkan kemampuan memori utama untuk mengingat hal-hal yang baru diingat akan menurun.

Penelitian juga mengatakan ‘bahwa ketika seseorang melakukan tugas yang satu ke yang linnya 10 kali satu lainnya akan berpotensi menyebabkan kinerja otak menurun.

Ujung-ujungnya hanya akan membuat anda bekerja tidak efektif dan tidak produktif. Fokuslah pada pekerjaan yang utama anda maka hasilnya jauh lebih produktif dibanding melakukan multi tasking.

Demikianlah 5 tips mengatur waktu agar produktif bekerja, yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Jangan lupa untuk membagikan biar kita saling menabur kebaikan dan kemanfaatan.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang Blogger Pemula, berburu informasi dan berbagi wawasan yang bermanfaat adalah jalan ninjaku