Misteri Misteri di Pulau Bawean

Misteri Misteri di Pulau Bawean

Bawean adalah pulau yang banyak menyimpan misteri didalamnya yang sudah banyak terkubur sesuai perkembangan zaman. oleh karenanya kami sajikan untuk anda tulisan kali ini berjudul misteri misteri di pulau Bawean


Misteri Misteri di Pulau Bawean

Pada tanggal 29-11-1987 harian Jawa Post pernah menulis tentang pulau Bawean di rubik “ringan” yang akhirnya enyipulkan bahwa banyak hal di Bawean yang masih misteri. Pertanyaan ini diungkapkan karena Jawa Pos menjumpai banyak benda peninggalan yang masing-masing mempunyai cerita sendiri-sendiri. Padahal menurut Khairil Anwar, seorang mahasiswa Udayana Denpasar, Bali, Jurusan Arkeologi, dalam penelitiannya menyatakan bahwa kebiasaan orang-orang Bawean dalam menjual barang-barang antic (kuno)-nya tela dilakukan sejak tahun 1950-an. Bawean, memang kaya akan benda antik.

Dan boleh jadi, pernyataan Jawa Pos itu benar adanya. Karena pulau Bawean merupakan pulau yang penuh dengan tanda Tanya. Seringkali para normal yang berdomisili di daratan Jawa atau Sulawesi menghubung-hubungkan hal-hal yang sakti dengan Bawean. Jika ada cerita atau benda-benda sakti, sering juga terdapat di pulau Bawean. Tak kurang dari pembantu petinggi Negara di bidang mistik merasa perlu untuk datang ke pulau Bawean hanya untuk menjemput Rusa Sakti yang asli yang masih bertapa dan setia menjaga Pulau Bawean,di Gunung Pataonan, Desa Gelam.

Dikisahkan bahwa Rusa Sakti yang telah dibawa terbang helikopter ke Jakarta (bisa anda baca di tulisan lainnya di ‘Kijang Kencana dan Bapak Desa Gelam’) itu adalah Penjaga Bawean. Bawean akan kehilangan pamornya, akan tidak bersinar lagi jika rusa putih itu sudah tidak ada lagi. Tapi untunglah menurut sumber yang lain bahwa rusa yang dibawa ke istana negara adalah duplikatnya. Sedangkan rusa putih yang asli masih ada di pulau Bawean, bertapa dan setia kepada pulau Bawean.

Di bawean juga terdapat pohon sakti yaitu “Kendung Pote”, kendung Putih adalah sebuah pohon sakti yang sulit ditemukan. Pohon itu hanya satu-satunya di Nusantara. Di Jawa, Kalimantan atau pulau pulau lain tidak akan ditemukan. “Kendung Poteh” merupakan pohon penjaga hutan, pohon yang disegani oleh binatang-binatang buas. Konon, karena di Bawean terdapat kendung pote itulah kenapa sejak dulu sampai kini tidak ditemukan seperti harimau, singa, gajah atau binatang-binatang buas lainnya.

Sumber lain menyebutkan cerita yang lain pula. Disebelah tenggara Pulau Bawean, di sekitar pulau Selayar terdapat sebua gua yang panjang dan dalam sampai menembus dasar laut, sehingga menghubungkan pada suatu daratan. Gua inilah yang digunakan oleh orang-orang sakti zaman dahulu untuk pergi pulang ke Tanah Jawa atau Madura lewat bawa laut. Silahkan dibaca tulisan ini “Desa Komalasa dan Goa Misterius

Jika kisah-kisah misteri semacam ini dilanjutkan, maka akan sangat banyak dan majemuk. Tapi perrcayalah, barangkali itu hanyalah sebuah kiasan saja. Sebab jika cerita-cerita sakti itu kita bawa ke zaman sekarang, ternyata hal itu akan jadi merupakan simbol dari potensi di sebuah daerah (Bawean). Katakanlah bahwa kini misteri-misteri itu sudah mulai terkuak satu persatu!

Mengapa demikian? insyaAllah dalam postingan selanjutnya.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang Blogger Pemula, berburu informasi dan berbagi wawasan yang bermanfaat adalah jalan ninjaku