7 Golongan yang Allah Akan Naungi dimana tidak ada nungan selain naungannya Allah
7 Golongan yang Allah Akan Naungi dimana tidak ada nungan selain naungannya Allah
Penulis Admin Masezzul

7 Golongan yang Allah Akan Naungi dimana tidak ada nungan selain naungannya Allah

7 Golongan yang Allah Akan Naungi dimana tidak ada nungan selain naungannya Allah
7 Golongan yang Allah Akan Naungi dimana tidak ada nungan selain naungannya Allah

Ada tujuah golongan yang Allah cintai yang Allah akan berikan kepada mereka naungan dimana tidak ada naungan selain naungannya Allah.

Setiap Insan nantinya di padang Mahsyar membutuhkan naungan sedangkan naungan yang ada itu hanya naungannya Allah SWT. siapakah saja mereka yang beruntung bisa mendapatkan naungan dari gusti Allah SWT.

Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya:

اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ

(1) imam yang adil,
Pemimpin yang adil, setiap manusia dilahirkan untuk sebagai pemimpin. Baik itu pemimpin negara, wakil rakyat bahkan menjadi pemimpin keluarga. Nah jikalau manusia yang Allah ciptakan mampu melaksanakan amanatnya untuk menjadi pemimpin yang adil maka Allah menjanjikan naungan kepada mereka pemimpin yang adil sebuah naungan di hari yang tidak ada naungan selain naunganNya Allah SWT.


وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ

(2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh,
Proses perjalanan hidup manusia melalui tahap tumbuh semakin dewasa. Beruntunglah orang yang proses pertumbuhannya dilalui dengan selalu beribadah kepada Allah, mengamalkan segala yang diperintahkan Allah dan menjauhi segala yang dilarang oleh Allah.
Jikalau kita belum bisa marilah mulai dari sekarang untuk berusaha memperbaiki diri dengan lebih baik lagi.

وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ

(3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid,

Yang ketiga dari 7 golongan yang dijanjikan Allah adalah seseorang yang selalu rindu akan masjid. Keinginannya untuk selalu berada di dalam masjid. Namun tanpa meninggalkan urusan dunianya. Mereka tetap menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat dan juga merindukan untuk selalu beribadah di masjid.


وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ

(4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya,

Dua orang yang saling mencintai di jalan Allah adalah persahabatan yang membawa diri mereka untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Saling mengajak kepada hal kebaikan dan saling menegur disaat melakukan kesalahan.


وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ

(5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Aku benar-benar takut kepada Allâh.’


وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ

(6) seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya,

Artinya dia tidak membincang2kan persoalan shodaqah yang ia lakukan. Ia tidak mengungkit ngungkit kebaikan yang pernah ia lakukan. Karena Ikhlas itu diam tidak menyebutkan kepada orang lain kebaikan yang ia pernah kerjakan dengan maksud pamer.

وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

(7) seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.” (HR. Bukhari, no. 1423 dan Muslim, no. 1031)

Itu 7 golongan yang Allah janjikan perlindungan nanti di hari yang tidak ada ada perlindungan ataupun naungan selain naungannya Allah SWT. Semoga kita termasuk dari 7 golongan tersebut. Aamiiiin ya Rabbal Alamin.
Advertisement
Admin Masezzul Blogger Pemula yang Slalu ingin Belajar untuk Menulis Artikel yang Bermanfaat
  • https://www.masezzul.com