Manfaat Atau Khasiat Buah Duku Bagi Kesehatan
Manfaat Atau Khasiat Buah Duku Bagi Kesehatan
Penulis Admin Masezzul

Manfaat Atau Khasiat Buah Duku Bagi Kesehatan

Manfaat Atau Khasiat Buah Duku Bagi Kesehatan
Manfaat Atau Khasiat Buah Duku Bagi Kesehatan
Siapa sih yang tidak tahu buah yang satu ini. Buah duku atau langsat atau orang memberi nama keren dengan sebutan Lansium merupakan spesies buah atau pohon yang masih sekeluarga dengan Mahoni, buah duku ini berasal dari barat Asia Tenggara. Jika di negara Filipina buah duku ini dikenal dengan nama Lanzones sementara jika di negara Thailand di kenal dengan sebutan buah Longkong, keren dan lucu namanya kan teman-teman.

Buah duku bukan hanya rasanya saja yang manis dan nikmat. Di dalamnya kita bisa mendapatkan banyak khasiat maupun manfaat. Baik itu bagi lidah kita juga bagi kesehatan kita. Rasanya sudah tak diragukan lagi, memiliki citera rasa yang unik dan manis asalkan jangan sampai kegigit ke bijinya ya teman-teman πŸ˜‚πŸ˜‚

Teman-teman udah pernah makan buah duku semua kan? Ukuran buah duku bervariasi ada yang kecil sedang bahkan yang agak lumayan. Namun masih besaran ukurannya buah apel. Cara makannya hampir sama dengan buah jeruk namun lebih perlu ekstra hati-hati soalnya ukurannya lebih kecil dan bijinya rasanya pahit banget teman-temanπŸ˜‚

Baiklah teman-teman yuk simat khasiat maupun manfaat yang bisa teman-teman dapatkan dari buah Duku sebagai penopang kesehatan tubuh teman-teman.

1. Vitamin A

Yang pertama khasiatnya adalah di dalam buah Duku terdapat vitamin yang baik untuk kesehatan. Buah duku ini meski tidaj berwarna merah mengandung banyak vitamin A, B1 dan B2 bahkan juga kaya akan mineral. Vitamin A merupakan  kelompok vitamin yang mudah larut kedalam lemak yang meliputi di dalamnya retinol dan juga karotenoid. Karoten yang terdapat pada buah duku merupakan antioksidan yang kuat dan mampu melindungi sel sel dari radikal bebas.

2. Vitamin B

Manfaat yang kedua dari Buah duku yaitu buah Duku mengandung Vitamin B1 atau tiamin yang mampu membantu memecah mecah gula dalam tubuh, mendukung pertumbuhan tubuh kita dan produksi sel darah merah pada tubuh. Sementara itu, riboflavin atau Vitamin B2 yang ada pada buah duku juga akan membantu tubuh untuk melepaskan energi dari karbohidrat.

3. Serat

100 gram buah duku terdapat lebih dari 2 gram serat. Jumlah serat tersebut bisa memenuhi 8 hingga 11 persen kebutuhan serat bagu wanita dewasa dan 6 sampai 8 persen kebutuhan serat yang dibutuhkan pria dewasa. Makanan yanng tinggi serat seperti buah duku ini mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan juga bisa membantu mencegah penyakit sembelit.

4. Antioksidan alami

Buah duku merupakan buah yang memiliki sumber antioksidan alami. Selain buah ini mengandung Vitamin A, buah yang satu ini juga memiliki kandungan polifenol, sejenis antioksidan alami. Sebuah studi penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam "Food Chemistry" menemukan bahwa duku atau langset mempunyai kemampuan antioksidan yang serupa dengan buah-buahan tropis lain seperti pepaya dan pisang.

Baca Juga: Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Inilah manfaat atau khasiat dari buah duku atau langsat yang baik untuk kesehatan kita. Semoga kita diberi rejeki untuk bisa selalu mengonsumsi makanan makanan yang bergizi. Terimakasih sudah berkunjungan dan membaca artikel ini.
Advertisement
Admin Masezzul Blogger Pemula yang Slalu ingin Belajar untuk Menulis Artikel yang Bermanfaat
  • https://www.masezzul.com