10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan
10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan
Penulis Admin Masezzul

10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan

10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan

10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan
Masezzul.com: Ujian Nasional atau yang dikenal dengan UN merupakan titik pengujung ditentukannya nilai akhir dari Siswa baik itu siswa mulai dari tingkat SD sampai SMA. Untuk bias mendapatkan selembar Ijazah adek adek harus melewati UN ini dengan sungguh-sungguh.

Ijazah memang bukan segalanya tapi apa salahnya jika kita mendapatkan nilai yang tinggi di nilai hasil UN kita.
Meski hanya sebuah lembaran kertas Ijazah nantinya, namun adek-adek harus benar-benar serius dalam mengerjakan UN, karena hasilnya nanti juga akan berpengaruh terhadap mudah tidaknya adek-adek melanjutkan ke perguruan tinggi favotit adek adek.

Disini Mas Ezzul tidak bias ngasih tips-tips canggih dan super sukses, namun setidaknya Mas Ezzul akan berbagi buat adek-adek yang baca tulisan ini, Tips Sukses UN yang Manjur dan patut adek terapkan.

Anggap tulisan ini sebagai support, dukungan dari Mas Ezzul untuk semangatnya adek-adek maupun teman-teman yang akan mengikuti Ujian Nasional.

Berikut 10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan

1. Kuatkan Niat

Niat menjadi peran penting dalam mensukseskan adek-adek dalam UN tahun ini, dengan Niat yang kuat nanti semangat belajarpun akan semakin membara.

Jika niatnya lembek maka kegairahan untuk belajar akan sedikit. Makanya kuatkan niat. Adek harus punya target. “SAYA HARUS BISA DAPAT NILAI MINIMAL 90”. Kalau perlu tulis kata-kata itu di tempat yang paling sering adek temui.

Karena niat sering terlupakan. Jadi dengan adanya tulisan itu minimal bias menguatkan kembali niat adek yang mulai goyah

2. Persiapkan Jadwal Belajar dan Komitmenkan

Hal kedua yang harus adek-adek lakukan adalah mempersiapkan jadwal belajar yang sesuai dengan waktu kegiatan adek-adek sendiri. Jangan meletakkan waktu belajar yang sekiranya adek kecapean. Karena hal itu hanya akan membuas semangat adek menurun.

Contoh jadwal belajar yang ideal adalah habis sholat Isyak. Dan jangan terlalu lama 30 menit sampai 1 jam  saja tapi harus istiqomah dari pada adek belajar 2 jam tapi gak konsisten kan sama saja

3. Pahami Kisi-kisi Ujian Nasional dan Belajalah

10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan

Adek-adek sebelum belajar harus melihat kisi-kisi Ujian Nasional. Fokuslah terhadap materi UN itu saja dulu di waktu jadwal yang adek buat. Umpama ade membuat waktu jadwal 20 menit maka dalam 20 menit itu harus full membahas materi sesuai dengan kisi-kisi UN. Nah jika adek masih kepengin belajar yang lain silahkan

4. Banyak Belajar Soal Soal UN

Hal selanjutnya yang perlu adek kerjakan adalah banyak mencoba mengerjakan soal-soal UN. Di buku SKL yang dibagikan sekolah itu kan banyak soal-soal, nah adek tinggal sering-sering mencoba mengerjakan soal itu.

Kalau adek memang sangat ingin memperbagus lagi kemampuan adek dalam mengerjakan soal, jangan hanya terpaku pada soal yang ada di buku SKL itu, namun adek harus mencari soal soal lainnya di tempat lainnya.

Sekarang mudah kok, di Internet banyak , adek tinggal mendownload kemudian dipelajari nah lebih bagusnya lagi adek bisa membeli buku buku pendukung lainnya yang di dalamnya terdapat soal serta cara mengerjakannya. Namun eits jangan fokus pada kunci jawabannya ya. kerjakan dulu sehabis itu baru kalau mau memastikan benar tidaknya dengan menggunakan kunci jawaban.

5. Ajak Teman-teman adek belajar kelompok

10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan

Belajar sendirian kadang sering membosankan jika keseringan kan? Jadi carilah gaya belajar yang baru yaitu coba adek ajak teman-teman adek untuk mengerjakan soal bareng-bareng dengan belajar kelompok. Carilah tempat yang menyenangkan. Belajar tak harus di sekolah maupun di rumah kok.

Adek bisa belajar di tempat tempat rekreasi ataupun kafe yang penting disana adek harus belajar dengan benar jangan hanya terpaku dengan bermainnya tok. Semangat UN, Kita Sukses

6. Jangan Terlalu Melakukan Aktifitas Bersenang-senang

Demi UN adek harus mengurangi jatah bermain, baik itu bermain game, futsal, bola, voli ataupun permainan lainnya. Disini Mas Ezzul bukan melarang sepenuhnya namun kurangilah waktunya saja. Persiapan UN cuman sebentar kok

Ingat Target harus mendapatkan nilai yang memuaskan. Untuk membahagiakan kedua orang tua dan yang lainnya yang membiayai pendidikan adek, adek sekolah itu tidaklah murah butuh biaya yang cukup mahal sehingga adek bisa menuntaskan biaya sekolah adek.

7. Refreshing Itu Penting

Refreshing sangat penting, makanya Mas Ezzul membatasi waktu belajar adek, soalnya otak dan tubuh kita butuh istirahat. Jangan memaksakan otak untuk terus menyerap ilmu namun sampai melupakan refreshing. Ingat Refreshing itu penting
Refreshinglah dengan hobi adek namun jangan keseringan ya adek-adek. Kalau hobinya ngegame ya silahkan ngegame dulu tapi ingat jangan sampai jadi rutinitas ya dek.

8. Menjaga Kesehatan Jangan Dilupakan

Belajarlah yang rajin dan konsisten tapi jangan sampai adek melupakan kesehatan adek. Tubuh butuh istirahat. Tidak ada gunanya adek mempunyai pengetahuan yang besar namun adek sakit pas UN. Rugi besar kan? Makanya jangan lupa untuk menjaga kesehatan.
Jagalah kesehatan adek karena tubuh yang sehat akan mendatangkan pemikiran yang jernih. Dengan kejernihan itu peluang sukses UN adek bisa tercapaikan.

9. Berdo’alah Kepada Tuhan

Untuk mencapai suksesnya UN, bukan hanya semata dari hasil kerja real adek seperti belajar namun seperti Doa juga sangat berpengaruh, bisa saja Tuhan memberikan soal yang adek bisa jawab dan yang tidak bisa dijawab. Dengan adek berdoa. insyaAllah Tuhan akan membukaan pemikiran adek dan adek bisa mengerjakan UN dengan benar dan memuaskan.

10. Berusaha dan tawakkal

10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan

Setelah kesemua persiapan itu adek lakukan, langkah terakhir adalah berusaha dalam mengerjakan ujian dan sehabis mengerjakan ujian adek harus berserah diri,  tawakkal kepada Allah. Karena Manusia disuruh berusaha dan Allahlah yang mentakdirkannya atau memutuskannya.
Jadi intinya kita harus menunjukkan bahwa kita memang serius dalam melaksanakan sesuatu yang baik.
Kerja Kerja dan Do’a
Kerja saja tidak cukup maka tamballah dengan do’a karena kita sangat membutuhkan Tuhan dalam hidup kita
Itu semua yang bisa Mas Ezzul bagikan buat adek-adek 10 Tips Sukses Ujian Nasional Yang Manjur Bisa Lulus Memuaskan

Advertisement
Admin Masezzul Blogger Pemula yang Slalu ingin Belajar untuk Menulis Artikel yang Bermanfaat
  • https://www.masezzul.com