Tips cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita

Tips cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita

Rasa bosan dan jenuh sangat mengganggu diri kita. Keduanya memang perlu dihilangkan dengan begitu kita bisa hidup lebih bahagia dan menyenangkan. Oleh karenanya kali ini saya akan bergi tips dan cara menghilangkan rasa bosan dalam diri kita. 15 tips ini bakal bisa menjadi pilihan bagi kita untuk mengusir kebosan dan juga kejenuhan. Oke ayok baca bagaimana cara mengusir rasa bosan dan jenuh dalam diri kita

Tips cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita

Tips cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita

Apakah kita pernah tertimpa dengan rasa bosan yang amat kerasa dalam diri kita. Diakui atau tidak memanng sifat bosan ini sering muncul dan mengidap di diri manusia. Setiap orang akan cepat bosan jika dalam kegiatan sehari-harinya tidak berubah-ubah.

Rasa bosan dan jenuh itu memang sudah menjadi hal biasa. Meski rasa bosan menjadi sesuatu yang lumrah namun rasa jenuh ataupun bosan ini bisa mengakibatkan rasa semangat hidup yang rendah, rasa optimistik cenderung sedikit yang ada malah rasa pesimisnya yang akan semakin menjadi-jadi.

Tips cara menghilangkan rasa bosan sebenarnya sudah banyak dibagi dan diposting oleh blogger maupun admin website lainnya. Namun saya ingin juga berbagi tips kepada teman-teman bagaimana menghilangkan rasa bosan maupun jenuh yang kadang datang kepada kita.

Pertama sebelum masuk ke tipsnya alangkah baiknya kita mengenal dulu penyebab bosan dan jenuh dalam diri kita. Bosan atau jenuh muncul dikarenakan beberapa sebab, seperti berikut

1. Kesendirian: hal yang bisa menyebabkan rasa bosan muncul diakibatkan karena kita merasa sendirian, tanpa ada orang yang menemani. Padahal hidup ini harus menjalin hubungan dengan orang lain, bersosialisasi. Jadi jika seseorang jika hanya cenderung fokus sendirian maka hal seperti itu yang akan membuat dirinya merasakan kesepian dan berujung dengan rasa bosan dan jenuh

2. Kondisi Tidak Menyenangkan: maksud kondisi tidak menyenangkan disini diartikan seseorang sedang tidak berada di posisi yang diharapkan banyak orang. Semua orang mengharapkan kegiatan atau aktifitas yang dinamis. Jika seseorang selalu melakukan kegiatan yang statistik maka hal itu akan menyerang psikiologi. Menyebabkan seseorang merasa bosan akan kesehariaanya. Hal demikian bisa membuat kebahagiaannya tak tercapai.

3. Stagnan: Situasi dimana kondisi diri kita tidak merasakan perubahan antara waktu ke waktu yang lain. Aktifitas dan kegiatan yang sama jelas bikin jenuh dan bosan. Dan hal itu perlu dihilangkan karena memang tak menyenangkan ada dalam di situasi seperti itu.

4. Tidak ada aktifitas: kebanyakan orang-orang melakukan aktifitas yang lumaya
n banyak dalam satu waktu. Kemudian dia berhenti secara mendadak dan hal itu menyebabkan tidak adanya aktifitas lagi, karena banyaknya aktifitas yang menjadi menjenuhkan bagi diri mereka.
Setelah melihat 4 penyebab yang bisa membuat diri kita merasa bosan dan jenuh, sekarang barulah saya akan membagikan tips cara menghilangkan rasa jenuh dan bosan dalam hidup kita.

1. Bersosialisasi

Ketika kita sudah merasakan sedikit akan perasaan akan mulai bosan terhadap sesuatu, maka cobalah untuk mencari teman, ajak mereka berinteraksi. Dengan begitu, kita akan mendapatkan suatu wawasan yang baru. Sesuatu yang baru akan mengikis kebosanan yang kita hadapi. Secara tidak langsung juga bisa menggagalkan kebosanan yang mulai tampak

Bersosialisasi merupakan sebuah kewajiban bagi diri kita sebagai makhluk. Jangankan kita yang manusia, hewan saja perlu bersosialisasi untuk bertahan hidup dan memperjuangkan keinginannya. Bersosialisasi menjadi pilihan utama menurut admin sendiri untuk menghilangkan jenuh atau perasaan tidak enak lainnya. Lets do it!

2. Lakukan hobi

Apa itu hobi? Hobi dalam bahasa Inggris adalah hobby cuman beda jumlah B dan  I diganti dengan Y yang mana dalam arti yang dimaksudkan adalah: hobi adalah sebuah aktifitas yang disenangi untuk meluangkan waktu kita menjadi menarik dan menyenangkan

Hobi bisa kita artikan sebagai rekreasi, ya benar. Hidup tidak semuanya harus serius ada kalanya melakukan hal yang disenangi atau menyisahkan waktu kita tidak hanya bekerja untuk menghasilkan uang. Memang kadang orang yang beruntung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobinya.

Orang yang menahan diri untuk tidak melakukan hobinya, cenderung menyebabkan dirinya merasa hidupnya hampa dan membosankan. Melakukan hobi sesekali malah menjadi tips yang ampuh menurut saya pribadi dan menurut ahli psikiologi karena dengan melakukan hobi yang anda senangi, anda akan mengistirahatkan otak anda dengan mencicipi kegiatan yang anda sukai.

3. Lakukan meditasi
Tips cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita

Meditasi sebenarnya bukan hanya sebagai latihan fisik saja, bukan hanya untuk kesehatan tubuh kita saja melainkan meditasi merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan fikiran bosan yang terjadi pada diri kita.

Namun jangan sampai lupa ya, untuk bermeditasi di waktu waktu yang tepat, agar kita memang mendapatkan manfaat dari meditasi. Untuk waktu yang dianjurkan sebagai berikut: Pagi hari, sebelum sarapan, jam makan siang, usai beraktifitas dan yang paling penting dilakukan saat mulai melandanya stres.

Jadi jangan dianggap gampang sebuah meditasi. Meditasi memiliki manfaat dan efektifitas yang baik buat tubuh dan jelasnya buat fikiran. Soalnya, dalam meditasi terdapat melatih aktifitas berfikir kita

4. Pelihara hewan
Tips cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita

Hewan juga mahluk hidup yang menyenangkan juga untuk dijadikan teman. Hewan sangat disukai karena sifat persahabatan yang terjalin dalam diri hewan kepada tuannya sangat tulus.

Bosan dan jenuh muncul karena diri yang kesepian. Dengan memiliki peliharaan hewan itu akan menambah waktu bermain anda dan waktu refreshing. Jadi jika anda termasuk orang yang sering merasa bosan dengan hidup, tidak ada salahnya kan mencoba memilihara hewa, siapa tahu tips ini manjur buat anda

Sebenarnya tidak hanya itu manfaat yang bisa didapat dari memelihara hewan, ada manfaat lainnya seperti; manfaat koneksi fisik, memperbaiki gaya hidup, meningkatkan ketenangan diri, belajar menjadi pemimpin yang baik

5. Pilih strategi yang tepat

Strategi,kata strategi sering didengar dengan istilah perang, siasat dan lainnya. Sebenarnya keterkaitan denga tips menghilangkan rasa bosan dengan strategi memang sangat memiliki pegangan yang erat karena hidup ini adalah sebuah cerita yang kita ukir.
Strategi yang baik akan membuat hidup menjadi lebih baik. Namun hukum kebalikannya juga berlaku. Jika kita hanya memiliki strategi hidup yang gak jelas. Perjalanan hidup kita akan sedikit rumit dan membosankan. Yah mulai sekarang belajarnya mencari strategi yang tepat untuk lukisan perjalanan hidup kita masing-masing.

6. Ubah metode

Yaps, jika kita bosan berarti metode yang kita pakai memang gak cocok atau memang sudah tidak pas lagi untuk kita pakai terus. Jadi perlu dicoba mengubah metode. Jangan menjadi orang yang statnan cobalah untuk selalu berkembang dan berani mencoba sesuatuyang baru.

Gagal dalam percobaan adalah hal biasa namun anda harus mengganti metode yang membosankan yang membuat anda kurang semangat dalam menjalani hidup ini.

7. Cari suasana yang baru

Tinggalkan suasana yang sudah bikin kita bosan dan jenuh, carilah angin segar. Jangan hanya puas dengan situasi atau kondisi yang itu-itu saja. Memang bosan muncul dikarenakan selalu berada dalam suasana yang sama. Jadi diperlukan untuk mengganti dengan suasana yang baru

8. Tidur

Salah satu saran lainnya adalah tidur, tidur merupakan kegiatan yang simple untuk meluangkan waktu anda yang membosankan. Tidur bisa membuat anda fresh kembali setelah bangun dan biasanya orang setelah bangun tidur. Perasaan jenuh mereka akan hilang.

9. Buat proyek hidup

Orang yang merasa bosan adalah orang tidak memiliki tujuan atau proyek hidup, sangat diperlukan bagi setiap orang memiliki proyek hidup yang baik. Dengan begitu seseorang akan memiliki cita-cita dan harapan akan hidup yang ia inginkan.

Jika semangat sudah ada, akan sedikit kemungkinan rasa bosan dan jenuh akan datang. Saya katakan kemungkinannya akan sedikit. Karenan penyebab seseorang jenuh itu berbeda-beda seperti yang sudah saya paparkan diatas

10. Makan

Makan bisa menjadi kegiatan yang bisa mengusir bosan atau jenuh. Orang yang suka mengunyah permen karet condong lebih sedikit terkena rasa bosan. Karena dia selalu melakukan aktifitas. Orang bosan karena mereka bingung mau melakukan apa dan dia harus bagaimana.

Tips ini sangat menarik perhatian bagi orang yang doyan makan. Apalagi kalau biasa makan di rumah, coba sesekali makan keluar ajak keluarga. Siapa tahu diluar bakal nemukan sesuatu penghilang bosan lainnya. Karena diluar lebih banyak pengetahuan yang akan kita dapat. Inspirasi, motivasi dan lain sebagainya.

11. Mendengarkan musik

Musik sebenarnya tidak hanya bisa mengusir jenuh melainkan juga bisa menetralisir stres dalam fikiran. Menurut penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2008 di university of Maryland School of Medicine, jika kita mendengarkan musik kesukaan kita selama 30 menit saja. Hal itu bisa membantu melepas endorphin.

Endorphin itu apa sih? Endorphin ialah substansi yang membuat kita bisa merasakan bahagia, senang dan yang membuat kita bisa bergerak lebih banyak.

Musik bisa menjadi terapi bagi kita karena hal itu bisa menghilangkan stres, insmionia dan juga mampu mempertajam pikiran kita. Jadi jangan disepelekan ya, ternyata mendengarkan musik bisa menghilangkan kebosanan kita.

12. Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang sangat positif. Bagi sebagian orang membaca adalah hal yang membosankan. Namun bagi sebagian lainnya bahkan dengan membaca mereka bisa menghindari rasa bosan dan jenuh.

Membaca bisa menjadi pengusir  bosan jika anda selalu membiasakan membaca. Sebenarnya banyak hal menarik yang bisa anda dapatkan dengan memabaca. Sesuatu yang baru akan tampak. Dengan sesuatu yang baru itulah yang akan menginspirasi anda untuk mendapatkan sesuatu atau suasana baru. Bacalah sesuatu yang membuat anda merasa lebih nyaman dan bermanfaat.

13. Menonton
Tips cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita

Menonton bisa memberikan kita hal yang menarik. Tapi sebenarnya tergantung filmnya sih. Menonton film yang menyenangkan bisa membuat fikiran kita lebih fresh. Apalagi kalau nontonnya bareng teman-teman terdekat kita atau bareng keluarga. Kayaknya sangat menyenangkan dan harus kalian coba.

Carilah tontonan yang positif bukan hanya fokus terhadap kesenangan saja. Memang sih tujuan nonton kan buat hiburan, hiburan yang positif ya.

14. Jalan-jalan

Anda suka berwisata, travelling atau keliling-keliling kota? Jalan-jalan memang harus dilakukan oleh kita, jangan hanya terus ada di rumah. Karena hal itu akan membuat fikiran kita buntuh, kita kan juga butuh refreshing apalagi buat kalian yang tiap harinya kerja rutin. Nanti dah kalau pas ada waktu libur, ajak keluarga untuk rekreasi ke tempat-tempat yang menyenangkan

Jalan-jalan gak harus ke tempat yang mahal, mewah dan kelas terpandang, kita  bisa jalan-jalan ke sekitar asal tempat itu bisa mengusir jenuh, bosan dalam diri kita. Tujuan jalan-jalan kan memang untuk mencari suasana yang baru kan? Jadi gak usah terlalu memikirkan yang tidak sesuai dengan isi dompet kita.

15. Olahraga

Olahraga selain menyehatkan, juga memberi kita hal positif lainnya, memberi kita nuansa dan suasana yang menyenangkan. Mengapa olahraga sangat penting? Karena tubuh kita memerlukan pelatihan agar tetap bugar dan sehat.

Fikiran yang sehat akan membuat badan yang sehat, namun olahraga sangat membantu membuat fikiran yang sehat dan jernih. Nah ketika anda bosan bisa ajak teman-teman kalian untuk berolahraga, olahraga kan banyak macamnya, jadi kalian bermain yang paling menyenangkan yang menjadi hobi kalian.

Jadi itulah semua 15 Tips cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita, semoga bermanfaat. Jika itu baik buat kalian maka amalkanlah, sekian dan terimakasih.

Mungkin Anda Tertarik Untuk Membaca Lainnya




Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.