Usaha-usaha Nabi Muhammad SAW Dalam Membina Ekonomi

Usaha-usaha Nabi Muhammad SAW Dalam Membina Ekonomi

Mengisahkan Sejarah Nabi Muhammad SAW tentang Usaha-usaha Nabi Muhammad SAW Dalam Membina Ekonomi. Bagaimana Nabi Muhammad SAW menjadi pengembala kambing, kemudian ikut Maisaroh, pembantu Khadijah untuk berdagang ke Syam dan lain sebagainya. semoga cerita ini bermanfaat

Usaha-usaha Nabi Muhammad SAW Dalam Membina Ekonomi

Usaha-usaha Nabi Muhammad SAW Dalam Membina Ekonomi

A. Mengembala Kambing

Dalam Perjalanan sejarah nabi-nabi Allah, hampir semua Nabi memulai pekerjaannya sebagai seorang pengembala kambing, hal ini juga terjadi pada diri nabi muhammad SAW. Beliau menjadi pengembala kambing sejak anak-anak sampai menginjak remaja, beliau bekerja untuk mendapatkan upah, sebagai penghasilan yang hall dan kemudian diberikan kepada pamannya Abu Thalib, sebab pamannya bukanlah orang yang kaya.

Nabi Muhammad SAW mengembala kambing milik penduduk Mekah dan keluarganya, beliau mengembala kambing dengan kesabaran dan keuletan, beliau merasakan makna kehidupan ini harus bekerja dan sanggup menghadapi kesulitan dan tantangan hidup. Dari pekerjaan menggembala kambing, Nabi Muhammad SAW bukan hanya memperoleh materi saja, akan tetapi beliau dapat menemukan hikmah bagi orang-orang yang menjadi pemimpin yakni bagaikan pengembala  kambing yang harus sabar dan sanggup menghadapi segala tantangan.

B. Berdagang ke Negeri Syam (Syiria)

Tatkala musim berdagang ke negeri syam tiba, banyak kafilah yang mempersiapkan keberangkatannya ke negeri Syam, pada waktu itu Abu Thalib melihat bahwa Khadijah bin Khuwailid juga mempersiapkan dagannya ke negeri Syam. Khadijah adalah saudagar wanita yang kaya raya dan berbudi luhur, pada saat itulah Abu Thalib menawarkan nabi Muhammad kepada Khadijah agar dapat dijadikan pembantu untuk ikut dalam rombungan kafilah yang akan berangkat berdagang ke Syam.

Nabi Muhammad SAW diterima untuk ikut berdagang ke Syam bersama dengan rombongan yang lainnnya dan Nabi Muhammad dalam perjanan itu didampingi oleh pemmbantu Khadijah yaitu seorang laki-laki bernama Maisaroh dan bertugas mendampingi Nabi Muhammad SAW dalam tata cara berdagang, namun apa yang dialaminya sungguh diluar dugaan yang biasa dia ketahui, kali ini berdagang dengan Nabi Muhammad SAW memperoleh keuntungan yang sangat besar.

Bagi Khadijah keberhasilan itu sungguh diluar kebiasaan dan sangat mengherankan, sebab Khadijah telah mendapat cerita dari Maisaroh, bahwa banyak hal-hal yang sangat istimewa yang dia ketahui selama dalam perjalanan berdagang ke Syam, sehingga Khadijah semakin percaya dan penuh perhatian.

C. Sebab-sebab Keberhasilan Dalam Usaha Perdagangan

Suatu Peristiwa yang sangat sukses dalam usaha perdagangan yang dijalankan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa dalam sekali usaha telah medapatkan keberhasilan yang sangat luar biasa hal  ini menjadi berita yang sangat luas, akan tetapi ada juga yang cemburu atas keberhasilan itu, namun harus diketahui dengan pandangan yang jernih, bahwa Nabi Muhammad SAW menjalankan usaha perdagangan itu didasaekan prinsip-prinsip kebenaran dan kejujuran bagi seorang pedagang. Hal ini tidak dilakukan oleh pedagang pedagang pada saat itu, dimana mereka hanya melihat keuntungan belaka, tidak memperhatikan nilai-nilai kejujuran.

Adapun prinsip-prinsip yang dijalankan Nabi Muhammad SAW dalam berdagang itu ialah:
1. Jujur dan terus terang dalam menyampaikan barang yang diperdagangkan
2. Bertutur kata yang mais dan bersikap lemah lembut dalam memberikan pelayanan kepada pembeli
3. Bersabar dan ikhlas dalam menghadapi segala tantangan untuk memperoleh simpatik dari pembeli
4. Berusaha dengan sungguh-sungguh untuk tidak mengecewakan pembeli dan tidak mengambil keuntungan yang sangat berlebihan
5. Bersikap kekeluargaan terhadap sesama pedagang, dengan tidak mengadakan persaingan kotor

Semoga Kisah Peristiwa Usaha-usaha Nabi Muhammad SAW dalam membina Ekonomi ini bisa menjadi inspirasi buat kita semua untuk senantiasa jujur dalam setiap bertindak.

Jika anda memang senang terhadap bacaan tentang sejarah ataupun kisah Nabi Muhammad SAW anda bisa membacanya dengan menklik daftar bacaan berikut dibawah

Daftar Bacaan Kisah Nabi Muhammad SAW


Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang Blogger Pemula, berburu informasi dan berbagi wawasan yang bermanfaat adalah jalan ninjaku