Ciri-ciri Orang Islam Yang Su’ul Khatimah Jelek di Akhir Hayatnya

Ciri-ciri Orang Islam Yang Su’ul Khatimah Jelek di Akhir Hayatnya

Seperti inilah orang-orang Islam yang nantinya bakalan mengalami su'ul khatimah. Perbuatan yang kurang baik akan menghasilkan sesuatu yang jelek. jadi hindarilah ciri ciri orang Islam yang bisa su'ul khatimah jelek di Akhir hayatnya

Ciri-ciri Orang Islam Yang Su’ul Khatimah Jelek di Akhir Hayatnya

Ciri-ciri Orang Islam Yang Su’ul Khatimah Jelek di Akhir Hayatnya

Ciri-ciri Orang Yang Su’ul Khatimah- Sebagai umat Islam, tidak ada diantara kita yang pastinya ingin di akhir hidupnya ditutup dengan Su’ul Khatimah. Karena bagi orang yang ditutup hayatnya dengan su’ul khatimah berarti tidak ada kebaikan yang berarti dalam hidupnya. Hidupnya akan terbuang sia-sia. Oleh karenanya kita harus berhati-hati terperangkap terhadap penyebab su’ul khatimah.

Seperti apakah orang yang kebanyakan akhir hidupnya ditutup dengan yang jelek? Mari simaka ulasan berikut. Ulasan ini diambil dari Kitab Nashaihud Diniyah yang Admin pahami, mohon jika terdapat kekeliruan mohon dibantu untuk meluruskan. Karena disini admin hanya sebatas berbagi terhadap teman-teman sekalian. Semoga Allah meridhoi.

Ciri-ciri Orang Islam yang Su’ul Khatimah.


Ketahuilah teman-teman semua bahwa banyak dari kita yang akhir hidupnya ditutup dengan kejelekan disebabkan kita melakukan hal-hal berikut

Meremehkan shalat


Shalat adalah tiang agama. Nah disaat kita meremehkan tiang secara langsung kita telah meremehkan berdirinya sebuah Agama. Kita tahu sebuah bangunan akan mudah roboh dan hancur disaat penyanggahnya itu lemah dan keropos.

Baca Juga : Ciri-ciri Jiwa Pemimpin Yang Diharapkan Banyak Orang

Sholat yang wajib kita kerjakan hanya ada lima. Masak kita tidak bisa untuk menunaikannya lebih-lebih jika kita memperbaiki shalat kita dengan mengerjakan Shalat Rawatibnya. Shalat Rawatib itu adalah shalat yang membarengi shalat fardhu, seperti shalat 2 rakaat sebelum Isya’ atau 2 Rakaat setelahnya. Itulah yang dimaksud shalat Rawatib.

Nah teman-teman semua hal yang paling memungkin seseorang bisa su’ul khatimah adalah orang yang meremehkan shalat fardhu yang sewajibnya dia kerjakan 5 waktu. Jangankan ditinggalkan diremehkan saja itu bisa menjadi penyebab su’ul khatimah apalagi kalau ditinggalkan. Nah sebagai umat Islam mari kita terus memperbaiki shalat kita untuk mendapatkan Husnul Khatimah di akhir hidup kita. Husnul Khatimah artinya hidup kita ditutup dengan hal yang baik.

Meremehkan Zakat Yang Wajib

Ciri-ciri Orang Islam Yang Su’ul Khatimah Jelek di Akhir Hayatnya

Seterusnya yang menjadi ciri orang yang su’ul khatimah adalah meremehkan zakat yang wajib. Zakat merupakan kotoran yang dimiliki oleh orang yang memiliki harta lebih yang sudah mencapai satu Nishab. Ada beberapa macamnya zakat. Salah satunya adalah zakat fitrah, zakat yang lumrah sudah kita dengar. Setiap Orang Islam yang mampu Wajib hukumnya menunaikannya. Ada kekhawatiran bagi diri kita jika termasuk orang yang meremehkan terhadap zakat yang seharusnya kita keluarkan.

Orang yang suka menyelidiki kejelekan aib/kecacatan orang muslim lainnya

Ciri-ciri Orang Islam Yang Su’ul Khatimah Jelek di Akhir Hayatnya

Mencari tahu kejekan orang lain apalagi sampai diceritakan terhadap orang lain, merupakan hal yang sangat tercela dan bisa menyebabkan pertengkaran dan juga saling bermusuhan antar umat Islam. Jangankan terhadap sesama orang Islam menceritakan kejekan orang Kafir saja tidak diperbolehkan jika berhubungan dengan sosialitas di masyarakat.

Setiap orang memiliki aib ataupun rahasia jelek yang tidak ia ingin diketahui oleh orang lain, begitu juga kita kan? Oleh karenanya betapa bodohnya diri kita disaat kita bahagia membeberkan aib saudara kita seagama karena Allah tidak akan menutup aib kita kelak di hari kiamat. Maka pandai-pandailah menjaga lisan kita dan juga mata kita untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

Orang Yang Mengurangi takaran dan timbangan


Mencurangi timbangan bisa menyebabkan suul khatimah dikarenakan dengan melakukan kegiatan tercela tersebut berarti dia telah merugikan orang lain dan hal itu tidak dibenarkan dalam agama.

Orang Yang Suka menipu kaum muslimin dan mencurangi mereka


Menipu adalah perbuatan yang dicap tercela oleh seluruh Agama. Perbuatan menipu jelas-jelas perbuatan terlarang maka jadi tidak heran jika orang yang suka menipu akan mengalami Su’ul Khatimah di akhir hayatnya. Jika kita masuk hal demikian, segeralah bertaubat kepada Allah SWT dan berjanji tidak mengulanginya lagi

Orang Menyeleweng Dalam Urusan Agama dan Dunia


Tindakan penyelewangan terhadap agama akan menimbulkan kesesatan yang nyata. Jadi berhati-hatilah bagi anda yang menyebarkan hal hal seputar agama. Carilah kebenarannya terlebih dahulu. Begitu juga persoalan dunia yang berhubungan dengan sesama manusia, jangan suka menyelewengkan sesuatu.

Mereka Yang Mendustakan Wali Allah dan Menyalahkan Mereka Tanpa Hak


Wali Allah, Kekasih Allah yang harusnya kita jadikan panutan dalam beribadah kepada Allah jangan sampai malah kita dustakan apalgi menghina mereka. Mendustakan wali Allah berarti kita telah melangkah untuk menuju hal kejelekan dan hal itu tidaklah baik bagi kita

Orang Yang Mengaku Dirinya Wali Memiliki Maqam Tanpa Adanya Kebenaran


Banyak orang yang menganggap diri mereka pintar padahal sejatinya mereka bukanlah apa-apa. Jangan sampai kita menganggap diri kita spesial dibandingkan yang lain. Karena perbuaan tersebut tidaklah patut untuk kita kerjakan.

Baca Juga: Ciri-ciri Orang Sukse dan Kebiasaannya

Nah itu semua ciri-ciri orang Islam yang bakalan su’ul khatimah diakhir hidupnya. Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan jika anda berkenan

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Seorang Blogger Pemula, berburu informasi dan berbagi wawasan yang bermanfaat adalah jalan ninjaku