10 Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

10 Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Berikut 10 Makanan dan Minuman yang harus kamu jauhi untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. puasa memang kegiatan yang menyehatkan namun itu juga bergantung terhadap makanan yang anda konsumsi saat berbuka dan sahur

10 Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

10 Makanan dan Minuman Yang Harus Dijauhi Saat Berbukan Puasa


Tips Berpuasa- Berpuasa di bulan Ramadhan selain menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam, juga menjadi terapi atau cara sehat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun hal tersebut bisa mendatangkan kemanfaatan jika apa yang kita konsumsi itu baik dan cocok dimakan saat berbuka dan bersahur. Jadi bagi kalian yang memiliki masalah nyeri di lambung harus menjauhi 10 makanan dan minuman yang akan admin jelaskan dalam tulisan kali ini.

Pada saat kta berpuasa kita membiarkan lambung kosong selama belasan jam.  Oleh karenanya kita harus memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Ketika kita salah dalam mengonsumsi makanan atau minuman hal itu akan menyebabkan nyeri di lambung. Rasa nyeri tersebut kadang diakibatkan meningkatnya asam lambung dan datangnya udara dari mulut yang membuat perut kalian terasa kembung.

Pada saat pertama kali kita berpuasa. Perut kita terasa sakit dikarenakan tidak terbiasanya lambung kita kosong. Namun hal itu hanya terjadi di awal berpuasa disebabkan perlunya lambung kita beradaptasi. Dan biasa adaptasinya memerlukan waktu sekitar 7 hari. Oleh karenanya selama berpuasa kita harus memperhatikan apa yang dimakan saat berbuka dan sahur. Jangan meminum atau makan makanan yang memang harus dihindari sesuai saran dokter.

Biasanya minuman yang bersoda atau makanan yang mengandung gas adalah penyebab utama yang bisa membuat nyeri lambung kita saat berpuasa. Nah bagi kita yang suka berjalanan atau menyukai hal yang instan maka kita harus benar-benar menghindari makanan atau minuman berikut demi kenyamanan ibadah puasa kalian. Bukankah enak kalau kita berpuasa dengan nyaman dan menyehatkan.

Jika kita ingin sehat saat menjalankan ibadahpuasa maka kita harus menjauhi makanan atau minuman yang bisa menyebabkan nyeri atau menganggu aktifitas keseharian ramadhan kita. Jangan sampai ibadah kalian bisa terganggu hanya gara-gara tidak bisa memilah dan memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi selama berbuka dan sahur. Oleh karenanya kami bagikan 10 makanan dan minuman yang harus kita jauhi dan hindari saat berbuka dan sahur di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Kebiasaan positif yang Bisa diajarkan Kepada anak

1. Makan jeruk saat berbuka puasa dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung, sehingga dapat menimbulkan maag kambuh


2. Makanan yang pedas dapat merusak dinding-dinding perut, jauhi mengonsumsinya saat berbuka dan sahur


3. Ayam yang digoreng dengan cara deep-fry dapat menyebabkan lambatnya pencernaan, sehingga dapat memperburuk keadaan perutmu

10 Makanan dan Minuman Yang Harus Dijauhi Saat Berbukan Puasa


4. Cokelat bisa memicu gejala pencernaan yang buruk, seperti sakit perut dan mulas, khususnya yang menderita maag


5. Lemon memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi, sehingga bisa menyebabkan perut makin sakit karena menimbulkan iritasi


6. Sayuran mentah mengandung yang banyak seratnya yang tidak bisa larut, dapat menimbulkan sakit perut luar biasa


7. Mengonsumsi jagung dalam jumlah banyak menyebabkan pencernaanmu terganggu contoh kram, karena kandungan selulosanya


8. French fries bisa memicu iritasi terhadap luka di lambung bagi penderita penyakit maag, disebabkan kandungan lemak transnya


9. Lemak yang tinggi yang ada pada burger bisa memproduksi asam lambung secara meningkat, sehingga menyebabkan perut terasa sakit


10. Daging merah lebih lama dicernanya, sehingga menyebabkan produksi asam lebih banyak. Hal ini dapat memperburuk kesehatan pada lambungmu


Kesehatan tubuh kita harus kita perhatikan betul-betul apalagi pada saat bulan Ramadhan. Yan mana bulan puasa ini kita sebagai umat Islam dianjurkan dengan sangat untuk beribadah. Bagaimana kita bisa beribadah dengan khusu’ jika tubuh apalagi perut kita sakit.

Tips 10 makanan diatas memang harus benar-benar kita jauhi demi kekhusu’an puasa kita di malam dan siang hari. Memang benar puasa adalah obat yang paling manjur untuk kesehatan. Namun hal itu berlaku jika kita memang menjalankan puasa dan mengonsumsi makanan yang tepat.

Makanan apa yang dianjurkan untuk berpuasa? InsyaAllah nanti ada episode selanjutkan. Untuk sekarang Admin hanya membagikan Jenis-jenis makanan yang dilarang untuk dimakan saat berbuka dan sahur demi kebaikan puasa kita di siang hari.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa like, komen dan subcribenya ya...
hehehe

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.